Monday , September 26 2022
Tips Mengelola Karyawan Dengan Baik Pada Perusahaan

Tips Mengelola Karyawan Dengan Baik

Tips Mengelola Karyawan Dengan Baik – Human Resource (HR) merupakan salah satu divisi yang terlibat dalam menjalankan suatu perusahaan untuk mencari keuntungan. Salah satu tugas Human Resource (HR) adalah untuk mengelola karyawan. Dengan mengelola karyawan dengan baik maka dapat membangun semangat kerja yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan produktivitas suatu perusahaan.

Karena seperti yang kita ketahui bersama, karyawan merupakan salah satu aset terpenting dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan. Secara umum, perusahaan tentu memiliki standar operasional kerja untuk mengatur hak dan kewajiban karyawan agar sejalan dengan nilai-nilai kerja, namun dalam praktiknya tentunya tidak semua karyawan dapat menerapkan SOP dengan benar.

Mengelola karyawan pada akhirnya menjadi sebuah tantangan besar bagi setiap HR pada suatu perusahaan. Hal ini karena tentunya mereka akan menemui kendala-kendala tertentu dalam perjalanannya. Hambatan tersebut muncul karena semangat dan motivasi pada setiap karyawan pasti berbeda.

Ada dua faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai, yaitu faktor internal yang meliputi keterampilan, gaya komunikasi, loyalitas dan kemampuan, dan faktor eksternal yang meliputi lingkungan kerja dan lingkungan pribadi.

Jika anda sebagai seorang HR, tentunya memahami bagaimana mengelola karyawan anda dengan baik, anda dapat menangani penurunan kinerja ini dengan baik. Lalu bagaimana cara mengatasi hal-hal tersebut agar tidak mempengaruhi sistem kerja perusahaan? Mari simak tips berikut agar bisa mengelola karyawan anda dengan baik!

7 Tips Mengelola Karyawan Dengan Baik :

1. Ciptakan Lingkungan Yang Nyaman.

Menyediakan karyawan dengan lingkungan komunikasi yang nyaman, tempat kerja, dan lingkungan yang baik adalah satu hal yang diinginkan oleh setiap karyawan. Oleh karena itu, sebelum dapat mengelola karyawan, maka HR harus dapat menciptakan suatu lingkungan kerja yang nyaman antara tim dan divisi.

2. Tetapkan Harapan.

Setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan pasti akan memiliki job description yang berbeda-beda tergantung dari segi keahlian dan pengalamannya, sehingga apa yang ingin dicapai perusahaan dengan karyawan tersebut perlu dijelaskan dalam kontrak kerja.

3. Otonomi.

Pemberian sebuah kepercayaan kepada karyawan yang dianggap kompeten untuk memimpin tugas akan dilihat sebagai penghargaan yang diberikan oleh perusahaan untuk meningkatkan loyalitas karyawan.

4. Untuk Mengevaluasi.

Penilaian berkala dianggap cukup penting untuk melihat kemampuan dan kelemahan masing-masing karyawan, dan jika sebuah tim tidak mencapai tujuannya, perusahaan wajib mencari tahu mengapa dan bagaimana hal itu bisa terjadi. Selain untuk mencari kekurangan pegawai, penilaian juga diyakini efektif untuk mengungkap bakat dan kemampuan terpendam pegawai tertentu. Jika mendapat penilaian, maka HR akan dengan mudah melakukan rotasi dan dapat menempatkan pegawai sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

5. Memberikan Pelatihan.

Setelah penilaian selesai, terus tingkatkan kompetensi karyawan melalui pelatihan di tempat dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas kinerja. Selain meningkatkan keterampilan dan kompetensi, pelatihan juga dapat meningkatkan motivasi karyawan untuk terus berkembang dan bersaing secara sehat.

6. Menerapkan Penghargaan dan Teguran.

Konsep penghargaan and teguran umumnya dilakukan oleh tim HR, dengan memberikan insentif untuk meningkatkan motivasi karyawan berprestasi, dan memberikan teguran kepada karyawan yang sengaja lalai, sehingga dapat berdampak pada produktivitas kinerja. Namun, hukuman yang disarankan untuk digunakan dengan cara berhati-hati karena dapat menyebabkan moral yang rendah. Jadi jangan salah paham!

7. Lakukan Pembangunan Tim.

Salah satu cara untuk meningkatkan proses komunikasi karyawan adalah melalui pembangunan tim. Miskomunikasi yang terjadi antar tim akan teratasi dengan baik dan meningkatkan ikatan kerjasama antar tim. Saat menyampaikan pendapat, sering terjadi miskomunikasi karena ego, dengan adanya team building maka akan dilatih untuk menyampaikan pendapat dengan benar dan logis.

Itulah dia 7 Tips Mengelola Karyawan Dengan Baik pada suatu perusahaan, semoga artikel ini dapat bermanfaat, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.