Monday , September 26 2022
Apa Itu Cutloss?

Apa Itu Cutloss Dalam Saham? Haruskah Kita Cutloss?

Apa Itu Cutloss Dalam Saham? Haruskah Kita Cutloss? Untuk sebagian pemula hal ini paling menakutkan dan mungkin merasa malu untuk melakukan cutloss. Cutloss atau cutprofit adalah kebiasaan, keharusan dan komposisi wajib dalam setiap trading plan.

Aku males cutloss karena kata aturan W. Buffet jangan pernah kehilangan uang, pertanyaannya apakah sekelas buffet tidak pernah cutloss ? buffet pernah melakukan cutloss di beberapa saham seperti IBM dan Tesco. Lalu apa maksud kalimat buffet tentang “jangan pernah kehilangan uang”.

Dari strategy yang saya lakukan, cutloss sangat penting dalam menjaga modal investasi. Semakin sering kita cutloss menandakan ada yang salah dengan strategy kita. Bukan salah di cutloss-nya, biasanya saham yang sudah turun dan tidak sesuai trading plan mengharuskan kita cutloss.

Petani yang paham dengan keahliannya akan memotong tunas kecil yang sudah terkena hama. Tujuannya jelas untuk mempersempit pergerakan dan pertumbuhan hama. Coba kita ingat perasaan kita ketika melihat semua saham di portofolio merugi ? pasti rasa malas, lesu, bahkan tidak bergairah pusing hampir semua negatif ada dalam pikiran kita. Seperti itulah efek psikologisnya.

Cutloss bukan tentang berapa kerugian yang kita alami, melainkan berapa kerugian yang siap kita terima. Masalahnya adalah hampir semua pemula tidak merencakan hal ini, berapa kerugian yang siap kita tanggung dalam sebuah transaksi. Ini adalah contoh sedikit mengapa banyak investor tapi posisi sahamnya merugi. Sangat jelas sekali bahwa mungkin kita punya modal tapi mental kita yang belum punya modal.

Tapi cutlos bisa membuat modal kita berkurang, cutloss lebih baik dilakukan agar kita tidak terlalu banyak kehilangan uang untuk dijadikan modal membeli saham baru.

Karena resiko tidak pernah hilang sampai NOL, jadi jangan pernah berharap anda tidak pernah melakukan cutloss. Untung rugi dalam bisnis adalah hal biasa, yang tidak biasa adalah ketika rugi terus-menerus itu menandakan ada yang salah dalam trading plan kita.

Silahkan banyak belajar dan berkumpul dengan sesama trader atau investor. Kalau bisa jangan kumpul sesama “nyangkuters” karena biasanya kalau trader sudah rugi dia akan berkoloni sendiri.

Mari kita trading secara disiplin, jelas take profit  diharga berapa dan cut loss di harga berapa serta berapa juta kerugian yang kita siap tanggung resikonya ?. sudahkah anda mempersiapkan trading plan anda saat ini ? atau sudah hancur portofolionya ? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.