Monday , September 26 2022
Apa Itu Business Intelligence

Apa Itu Business Intelligence

Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan bisnis intelijen. Business Intelligence itu sendiri merupakan suatu proses ekstraksi data-data operasional dari sebuah perusahaan dengan mengumpulkannya ke dalam data warehouse.

Ketika melakukan proses ekstraksi, transformasi akan menerapkan beragam formula, agregasi maupun validasi sehingga akan di peroleh suatu data yang sesuai dengan kebutuhan analisis bisnis. Kemudaian data tersebut di proses lagi dengan menggunakan bermacam analisis statistik dalam proses data mining.

Pengertian Business Intelligence Menurut Para Ahli

Business Intelligence adalah sebuah konsep atau metode tentang bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan bisnis yang didasari oleh sistem berbasis data. Business Intelligence atau BI sering disamakan dengan briefing books, report dan query tools, serta sistem informasi eksekutif. BI ialah sistem pendukung pengambilan keputusan-keputusan yang berbasis data(DJ Powers,2002)

Business Intelligence

Business Intelligence merupakan salah satu cara menyimpan, mengumpulkan,mengorganisasi, meringkas data dan membentuk ulang serta menyediakan sebuah informasi, mulai dari bentuk data aktifitas bisnis internal maupun eksternal perusahaan terutama aktifitas para pesaing yang mudah di analisis untuk berbagai keperluan management (Edward David ,2000).

Business Intelligence adalah alat untuk menganalisis yang akan di gunakan sebagai konsolidasi data, analisa data, menyimpan dan mengakses data dengan tujuan membantu memberikan keputusan, seperti perangkat lunak untuk query database dan pelaporan, serta alat untuk menganalisis data multidimensi dan data mining (C. Loudon, 2007)

Dari pengertian BI di atas, dapat di simpulkan secara umum bahwa Business Intelligent merupakan suatu proses melakukan ekstraksi data operasional perusahaan  lalu mengumpulkannnya ke dalam bentuk data warehouse.

Data yang ada di data warehouse kemudian di proses lagi menggunakan berbagai analisis statistik dalam proses mining. Selanjutnya akan di dapat berbagai kecenderungan atau pattern dari data tersebut. Dari hasil penyederhanaan ini akan di sajikan pada end user yang bertindak sebagai pengambil keputusan bisnis.

Business Intelligence bertujuan untuk memberikan berbagai informasi yang telah di sesuaikan dengan kebutuhan setiap penggunanya.Informasi-informasi tersebut bisa berasal dari data histori pembelian barang, reparasi,komplain dari pelanggan dan lain sebagainya.

Dari data-data itu, selanjutnya akan di olah dan di sajikan ke dalam bentuk informasi yang mudah di cerna oleh pengguna. Demikianlah informasi mengenai apa itu business intelligence serta tujuan dari business intelligence itu sendiri. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda tentang konsep Business Intelligence dan komponen Business Intelligence.

Leave a Reply

Your email address will not be published.