Monday , September 26 2022
7 Tips Memilih Asuransi

Tips Memilih Asuransi

Tips Memilih Asuransi – Memiliki asuransi kesehatan sangat penting baik bagi orang yang masih lajang maupun sudah menikah. Khusus untuk yang berkeluarga, bisa dikatakan manfaatnya berlipat ganda, karena satu polis bisa mengcover semua anggota keluarga.

Mengingat pentingnya kepemilikan asuransi, semakin banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk melakukan penipuan. Agar tidak menjadi korban, silahkan terapkan tips berikut ini.

Tips Memilih Asuransi

1. Kenali Perusahaan Asuransinya

Tips pertama, kenali dulu perusahaan asuransinya. Perusahaan dengan reputasi atau reputasi yang baik tidak akan menipu pelanggan atau calon pelanggan. Sebab, memberikan pelayanan terbaik adalah misi perusahaan.

Kunci untuk memastikan bahwa perusahaan asuransi tersebut bereputasi, termasuk memiliki website resmi. Situs web tersebut berisi informasi tentang visi, misi, produk, lokasi, cabang, layanan, dan laporan keuangan perusahaan asuransi.

Jika seseorang menawarkan produk asuransi kesehatan, tanyakan nama perusahaannya dan cari tahu sebelum membeli.

2. Tinjau Rencana Asuransi

Perusahaan asuransi yang baik memiliki rencana atau rencana produk yang jelas. Rencana tersebut akan ditunjukkan kepada pelanggan nanti untuk memastikan produk memenuhi permintaan.

Sebagai klien potensial, penting untuk meninjau rencana yang ditawarkan. Hal ini karena rencana yang dipilih mempengaruhi jumlah premi yang dibayarkan selama polis masih berlaku.

Jangan membayar harga tinggi, tetapi tidak menggunakan manfaat asuransi sama sekali. Mintalah waktu untuk mempertimbangkan rencana sebelum mengambil keputusan, terutama karena jenis asuransi kesehatan ini bersifat jangka panjang.

3. Batas Yang Cukup

Besaran premi menjadi pertimbangan mendasar sebelum membeli produk asuransi. Namun, kekhawatiran Anda tidak terbatas pada ini. Sangat menyenangkan melihat batasan yang diberikan secara keseluruhan setiap tahun.

Tentu saja, semakin besar batasannya, semakin baik, karena jika Anda sakit suatu hari, itu akan mereda dengan sendirinya. Paling tidak, biaya-biaya ini ditanggung oleh perusahaan asuransi, sehingga kecil kemungkinan uang pribadi akan digunakan.

Batas keseluruhan ini sering dipecah menjadi berbagai manfaat kesehatan. Misalnya, biaya kamar, obat-obatan, inspeksi, dll. Saat agen menawarkan produk asuransi, Anda bisa mengeceknya satu per satu agar tidak salah pilih di kemudian hari.

4. Persyaratan Daftar Asuransi

Setiap perusahaan asuransi memiliki persyaratan umum dan khusus bagi calon nasabah yang secara otomatis mempengaruhi besar kecilnya premi bulanan. Salah satu persyaratan tersebut adalah dari segi usia. Premi umumnya lebih mahal daripada pelanggan yang lebih muda yang diasuransikan pada usia yang lebih tua.

Hal ini tidak terlepas dari risiko berkembangnya penyakit. Orang tua umumnya lebih rentan terhadap penyakit. Juga, tingkat atau luasnya penyakit ini lebih parah daripada pada orang dewasa yang lebih muda.

Informasi lengkap mengenai persyaratan dapat dilihat langsung di situs resmi perusahaan asuransi. Anda juga dapat bertanya kepada agen melalui telepon atau melalui fitur live chat.

5. Bandingkan Produk

Asuransi kesehatan dan jiwa adalah dua produk yang mutlak dimiliki oleh perusahaan asuransi. Namun, produk dan manfaat yang ditawarkan tentu akan berbeda dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya.

Sebelum memutuskan, sebaiknya bandingkan dulu produk masing-masing asuransi untuk mendapatkan yang terbaik. Apalagi jika Anda berencana membeli hanya satu polis asuransi jiwa.

Cara termudah untuk membandingkan produk adalah dengan membuka situs web perusahaan asuransi sekaligus dengan laptop.

6. Baca Testimonial Tentang Layanan

Untuk menghindari peningkatan kasus penipuan asuransi, Anda bisa meluangkan waktu untuk membaca testimoni tentang layanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Mulai dari waktu tunggu klaim, pelayanan rumah sakit koperasi, keakuratan informasi agen, dan kecepatan respon masalah.

Sebab, perusahaan asuransi terpercaya selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik agar nasabah tidak “beralih ke lain hati”.

Jika pelayanannya tidak baik, maka akan terpengaruh ketika Anda membutuhkan bantuan atau mengajukan klaim. Urusan administrasi yang seharusnya cepat menjadi panjang.

7. Memahami Mekanisme Asuransi

Faktanya, masih banyak masyarakat yang menolak membeli asuransi kesehatan karena sama sekali tidak memahami mekanisme asuransi. Meskipun cara kerjanya sederhana, semua anggota keluarga dapat dilindungi dengan satu polis asuransi.

Beberapa Mekanisme Jaminan Kesehatan, Seperti:

  • Anggota keluarga yang tercakup hingga lima (ayah, ibu dan tiga anak). Jika melebihi, akan dikenakan tambahan premi sesuai ketentuan asuransi.
  • Polis akan berakhir apabila kepala rumah tangga atau nama yang tercantum pada polis mencapai batas usia pertanggungan atau meninggal dunia.

Waspadalah Terhadap Manfaat Asuransi :

Manfaat asuransi tidak lepas dari besarnya premi. Jika ada produk asuransi yang menawarkan banyak keuntungan dengan premi rendah, tinjau perusahaannya. Potensi penipuan ada, jadi Anda bisa menghindarinya sesegera mungkin sebelum menjadi mangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.