Monday , September 26 2022
Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan – Dalam UU Ketenagakerjaan telah di jelaskan bahwa seluruh elemen pekerja di Indonesia wajib memiliki BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Hal ini bertujuan untuk melindungi para pekerja dari resiko terkait kesehatan serta jaminan hari tua dan berbagai manfaat dari BPJS itu sendiri.

Saat ini, masyarakat juga sudah bisa mendapatkan informasi terbaru yang bisa di akses melalui situs resmi BPJS online. Dalam situs tersebut terdapat berbagai informasi penting terkait program terbaru BPJS, informasi program JHT dan program JKM, informasi kantor cabang BPJS, hingga informasi cek saldo JHT.

Cara Cek Saldo JHT Jamsostek

Ada banyak kemudahan layanan yang di berikan oleh pihak BPJS sebagai upaya memerperbaiki pelayanan masyarakat yang sebagian besar masih merasa kurang maksimal. Salah satunya adalah fasilitas cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda lakukan secara online atau melalui SMS.

Mengecek Saldo Secara Manual

Cara ini disebut manual karena memang menggunakan cara yang paling sering dilakukan oleh masyarakat saat ini yakni dengan mendatangi langsung kantor-kantor Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan. Selanjutnya, akan ada petugas yang membantu Anda disana. mem-printkan slip saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda.

Melalui ATM BNI

Cara yang satu ini memang dikhususkan bagi nasabah Bank BNI. Datangi ATM BNI terdekat untuk melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda. Namun perlu Anda ketahui, Anda hanya bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda saja, untuk pengambilan saldo tidak bisa Anda lakukan di ATM BNI

Cek Saldo Secara Online

Cara ini bisa Anda lakukan selama peserta BPJS Ketenagakerjaan terhubung dengan internet. Untuk cek saldo BPJS secara online, peserta bisa mengaksesnya melalui situs resmi Jamsostek. Caranya, kunjungi situs resmi Jamsostek di www.jamsostek.co.id, jangan lupa siapkan kartu Jamsostek atau Nomor KPJ Anda.

Selanjutnya pilih menu tenaga kerja, Anda akan di bawa ke halaman BPJS Ketenagakerjaan. Masukkan user ID dan password Anda, jika belum punya maka Anda harus daftar dahulu dengan cara klik tombol registrasi pada menu tenaga kerja. Saat mendaftar pilih jenis keanggotaan tenaga kerja lalu isi form yang tersedia secara lengkap dan benar. Langkah selanjutnya pilih setuju pada kolom ketentuan pengguna layanan Jamsostek. Jika data yang Anda isi sudah lengkap, klik daftar atau submit data

Setelah selesai mendaftar, tunggu email konfirmasi atau balasan SMS dari nomor aktifasi akun. Bila sudah menerima email atau SMS konfirmasi, masukkan kode aktivasi di alamat yang tersedia, kemudian klik tombol kirim. Cek inbox email Anda, jika sudah aktif Anda dapat melakukan cek saldo Jamsostek secara online.

Selanjutnya, setelah masuk menu member Jamsostek, Anda bisa pilih menu Lihat Saldo JHT. Pilihlah KPJ Jamsostek lalu klik submit. Saldo Anda akan terlihat di layar. Selain dapat mengecek saldo, Anda juga bisa membuka menu lain seputar layanan online BPJS Ketenagakerjaan seperti informasi profil, rincian saldo tahunan, simulasi saldo JHT serta formulir pengajuan Klaim JHT

Melalui Aplikasi Smartphone

Bagi Anda pengguna smartphone, Anda bisa mengunduh aplikasi BPJS Ketenagakerjaan di Google Playstore. Selanjutnya setelah dinstall di perangkat smartphone Anda, buka aplikasi tersebut kemudian setting aplikasi sesuai akun BPJS Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.